Senin, 02 April 2012

Sony Xperia S - Review

Setelah Sony membeli 50% saham Ericsson, Sony Xperia S menjadi debut pertama bagi perusahaan raksasa elektronik dari Jepang tersebut. Meskipun tentunya Ericsson tetap turut mengembangkan pembuatannya, Sony Xperia S menjadi ponsel pertama (setelah sekian lama) dengan merk 'Sony'.


Selain brand 'pertama' Sony, Sony Xperia S juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadi pertama dalam bandingan pencapaian sebelumnya, seperti HD Display, Multi core prosesor, slot microsim card dan layar 4,3 inchi. Tentunya ini dan beberapa kelebihan lainnya menjadi daya tarik untuk dunia ponsel terutama para pecinta seri Xperia.

Sekarang mari kita gali lebih dalam mengenai Sony Xperia S ini.


Desain dan Bentuk
Sony Xperia S berbentuk kotak dengan sudut sisi yang tegas dan bagian belakangnya sedikit melengkung (curvy) untuk menambah kenyamanan ketika digenggam. Terbuat dari plastic matte yang diselimuti oleh dirt-repellent nanocoating yang membuat ponsel ini kuat terhadap noda. Sayangnya, bekas tangan pegangan akan terlihat lama sebelum memudar dan hilang. Akan tetapi pada salah satu video test yang kami lihat, ponsel ini ditulisi dengan spidol dan bisa dihapus sampai bersih seperti sediakala. Ini membuktikan ponsel ini benar-benar tahan terhadap noda.

Dengan berat 144 gram dan dimensi 128x64x10.6 mm, Sony Xperia S nyaman digenggam dan dijelajahi oleh jari kita meski berukuran layar 4,3". Pada ponsel ini dengan baterai 1750 mAH (non removable) ini terdapat power botton dan lubang earphone pada bagian atas, kamera dan speaker pada bagian belakang, USB port pada bagian kiri dan terakhir pengatur volume, tombol kamera serta HDMI pada bagian kanan.


Layar
Layar lebar 4,3" pada Sony Xperia S menggunakan LED backlit LCD dengan resolusi HD 720x1280 pixels. Salah satu yang menawan dari layarnya adalah kerapatan pixel (density) sebesar 342 ppi (pixels per inch), sebuah angka yang tinggi dalam dunia ponsel saat ini. Didukung dengan Sony Mobile Bravia Engine, ponsel ini menampilkan kontras dan warna yang indah.


Kamera
Dengan dukungan Sony yang terkenal dengan kualitas kameranya yang menawan, Sony Xperia S dibekali 12 MP dan mampu merekam video full HD. Jepretan-nya memiliki hasil yang tajam, akurasi warna yang baik dan detail. Mode kameranya cepat sekali untuk di akses dan berkat fitur Quick Launch, ponsel ini mampu masuk dengan cepat (1,x detik) ke dalam mode kamera meskipun dalam keadaan lock screen melalui tombol hardware kameranya. Fitur lainnya adalah Geo tagging, touch-focus, face-smile detection, 3D sweep panorama dan image stabilization. Anda bisa melihat hasil video dari kamera Sony Xperia S disini.

Performa
Performa ponsel dengan memory internal 32GB ini menggunakan prosesor Qualcomm MSM8260 Snapdragon S3 1,5GHz, GPU Adreno 220 dan dipadukan dengan OS Android 2.3 Gingerbread. Meskipun sudah diketahui sebelumnya bahwa Sony tidak akan mengeluarkan ponsel quadcore sampai 2013, sangat disayangkan ponsel ini masih menggunakan Snapdragon S3 disaat beberapa device lain sudah dibekali dengan versi S4. OS stok yang ditawarkan pun masih menggunakan versi lama 2.3. Meskipun demikian sebagian kalangan berpendapat karena hasil benchmark yang cukup baik (Quadrant-3000+, AnTuTu 6400, NenaMark 2 GPU 38fps), diyakini bahwa Sony sudah mengoptimalisasi penggunaan chip S3 di Xperia S ini. Untuk Update pun direncanakan akan segera mendapat versi terbaru 4.0 ICS.


Fitur
-Sony Mobile Bravia Engine
-Xperia Smart Tag
-3D Sweep Panorama
-Quick launch Mode Camera


Rangkuman
128x64x10.6 mm, Plastic matte - dirt-repellent nanocoating
Qualcomm MSM8260 Snapdragon S3 1,5GHz
4,3" LED backlit LCD
Resolusi 720x1280 pixels dengan 342 ppi (pixels per inch)
1GB RAM
12 MP Cam dengan 1,3 MP Front Cam
32 GB Memory internal
Android 2.3 + Timescape UI






0 komentar:

Poskan Komentar

Android Video