Minggu, 15 April 2012

Android 'Memakan' Apple di Cina





Tentunya gambar di atas sudah pernah kita lihat sebelumnya. Itulah ilustrasi yang tepat untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi pada pasar ponsel di Cina. Meskipun dikabarkan sebelumnya bahwa 1 dari 10 orang di negeri dengan penduduk terpadat di dunia tersebut memiliki sebuah device iOS, Android dipastikan sedang melaju pesat.

Sebuah perusahaan analisa di Beijing memberitakan bahwa perkembangan pasar Android saat ini melaju pesat dari 33,6% menjadi 68,4% pada akhir 2011. Perkembangan iOS terlihat loyo dengan market share sebesar 5,7%, sementara Symbian masih bertahan pada poin 18,7%.

Ini berarti terjadi peningkatan penjualan ponsel Android yang terjual di Cina. Hal ini tentunya disebabkan juga oleh ponsel-ponsel harga ekonomis yang dirilis vendor seperti Huawei, ZTE, dan lainnya.

iPhone di Cina diperhitungkan dengan konsep "mianzi" yang dalam bahasa Inggris berarti "reputasi". Artinya iPhone dilihat sebagai sebuah simbol status sosial. Sejalan dengan hal tersebut, dikarenakan iPhone 4S memiliki bentuk yang sama dengan sebelumnya (iPhone 4), orang menjadi tidak begitu termotivasi untuk melakukan upgrade (membeli iphone 4S) karena dirasa kurang menaikkan status sosialnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Android Video